http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/issue/feed Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam 2018-03-30T16:09:20+00:00 Al-Jinayah prodijinayah@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam</strong> diterbitkan oleh Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal ini memuat tentang kajian yang berkaitan dengan undang-undang, pemikiran, dan pembaharuan Hukum Pidana Islam baik di Indonesia maupun mancanegara. Jurnal ini terbit dua kali setahun: bulan Juni dan Desember. Alamat Redaksi: Jl. Jend. Ahmad Yani 117 Surabaya 60237. Telp (031) 8417198. E-mail: prodijinayah@gmail.com.</p> http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/511 Patologi Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Korupsi 2018-03-30T16:06:07+00:00 Anshori Anshori ki_anshori@yahoo.co.id <p><strong>Abstract</strong>: This article discusses about the pathology of law enforcement against corruption. The pathology of law enforcement against corruption is due to the low moral integrity of the law enforcement apparatus, the government’s bureaucratic system that impedes the law enforcement process, and the unusual relationship between local government and legal institutions. The solutions for the law enforcement against corruption are: (1) working together among communities, media, and NGOs to control and supervise the behavior of law enforcement officials; (2) the government bureaucracy system should have well conceptualized system especially in relation to legal institutions; (3) and improvement of the political system in the region by blocking access to negotiations between local governments and law institutions.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Pathology, law enforcement, criminal act of corruption.</p> <p><strong>Abstrak</strong><strong>: </strong>Artikel ini membahas tentang patologi penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi. Patologi penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi dikarenakan beberpa hal, di antaranya rendahnya integritas moral aparat penegak hukum, sistem birokrasi pemerintah yang menghambat proses penegakan hukum, dan hubungan tidak lazim antara pemerintah daerah dan lembaga hukum. Terapi atau solusi terhadap patologi penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi diantaranya adalah hendaknya masyarakat bersama media dan LSM mengkontrol dan mengawasi perilaku para penegak hukum, sistem birokrasi pemerintah hendaknya dikonsep dengan baik terutama hubungannya dengan lembaga hukum ketika menuntut adanya bukti dari pemerintah, dan perbaikan sistem politik di daerah, dengan menutup akses terjadinya negosiasi antara pemerintah daerah dengan lembaga hukum.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Patologi, penegakan hukum, tindak pidana korupsi.</p> 2018-03-22T04:59:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/509 Tugas dan Wewenang Komisi Yudisial Jawa Timur dalam Pengawasan Hakim Tindak Pidana Korupsi 2018-03-30T16:09:20+00:00 Nur Lailatul Musyafaah nurlailatulmusyafaah@uinsby.ac.id <p><strong>Abstract:</strong> The duty of the East Java Regional Judicial Commission in the supervision of a corruption court judge is to receive community reports and court monitoring. The court monitoring was conducted on two matters, court monitoring based on community reports and on the initiative of the East Java Judicial Commission. The authority of the East Java Regional Judicial Commission in the supervision of a corruption judge is only authorized to receive reports, annotations, inspections and monitoring of the court session. The observation, examination, and proposal of sanction are done by Central Judicial Commission. In a juridical perspective, the duties and authorities of the East Java Judicial Commission on the judges of corruption crime have been in accordance with Article 20 of the Law of the Republic of Indonesia Number 18 in 2011 on Amendment to Law Number 22 in 2004 concerning Judicial Commission.</p> <p><strong>Keywords:</strong> East Java Judicial Commission, Judges, Corruption.</p> <p><strong>Abstrak: T</strong>ugas Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur dalam pengawasan hakim pengadilan tindak pidana korupsi adalah menerima laporan masyarakat dan pemantauan persidangan. Adapun wewenang Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur dalam pengawasan hakim tindak pidana korupsi adalah Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur hanya berwenang menerima laporan, anotasi, pemeriksaan dan melakukan pemantauan persidangan. Adapun pengamatan, pemeriksaan, pengusulan sanksi dilakukan oleh Komisi Yudisial Pusat. Dalam perspektif yuridis, pelaksanaan tugas dan wewenang Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur terhadap hakim pengadilan tindak pidana korupsi telah sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang Nomor 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur, Hakim, Tindak Pidana Korupsi.</p> 2018-03-22T05:29:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/510 Dissenting Opinion dan Concurring Opinion dalam Putusan Mahkamah Konstitusi 2018-03-30T16:06:34+00:00 Haidar Adam mazhaidar@yahoo.co.id <p><strong>Abstract</strong>: This article discusses about dissenting opinion and concurring opinion in the decision of the Constitutional Court. Law enforcement can be done through the Constitutional Court in the form of law judicial review. The issue of dissenting opinion is regulated through Law No. 24 Year 2003 and Constitutional Court Regulation No. 6 of PMK Year 2005 concerning Procedural Law of Tests of Act. The phrase used in the Constitutional Court Law is “the different opinion of the judiciary members". The different opinion, according to Jimly, is divided into two namely dissenting opinion and concurrent opinion. A verdict is considered concurring if there is an argument by a member of the panel of judges that is different from that of the other members of the judiciary but it does not affect the difference of the decision. On the other hand, a decision is said to be dissenting if the opinion of a member of the panel of judges is different from that of the majority of the other members of the panel of judges and the difference is not merely in the case of reasoning but to touching on the verdict.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Dissenting opinion, concurring opinion, the court constitution’s decision.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Penegakan hukum dapat dilakukan melalui pengadilan oleh Mahkamah Konstitusi dalam bentuk pengujian terhadap undang-undang. Masalah <em>dissenting opinion </em>diatur melalui Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 dan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 6 PMK Tahun 2005 tentang Hukum Acara Pengujian Undang Undang. Frase yang dipakai dalam UUMK adalah “pendapat anggota majelis hakim yang berbeda”. Pendapat yang berbeda menurut Jimly, dibedakan menjadi dua yaitu <em>dissenting opinion</em> dan <em>concurrent opinion</em>. Suatu putusan dianggap sebagai <em>concurring</em> apabila terdapat argumentasi anggota majelis hakim yang berbeda dengan mayoritas anggota majelis hakim yang lain, namun tidak berimbas pada perbedaan amar putusan. Di sisi lain, suatu putusan dikatakan <em>dissenting,</em> jika pendapat suatu anggota majelis hakim berbeda dengan pendapat mayoritas anggota majelis hakim yang lain dan sampai menyentuh pada amar putusan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Dissenting opinion, concurring opinion, </em>putusan Mahkamah Konstitusi.</p> 2018-03-22T04:55:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/512 Pemberitaan Hoax perspektif Hukum Pidana Islam 2018-03-30T16:05:39+00:00 Lailatul Utiya Choiroh elaelae836@gmail.com <p><strong>Abstract</strong>: This article discusses hoax from the perspective of Islamic criminal law.person who spreads hoax contravenes article 28 (1) of Law No/ 11/2008 on Information and Electronic Transaction. According toarticle 45 (1) of the same Law, the offender is punishable with imprisonment of 6 years and/or fine of maximum 1.000.000.000 rupiah. From Islamic perspective, lying is not allowed and Islam does not tolerate spreading lies or having suspicion towards others. Islam encourages good, objective and factual conversation. From islamc criminal law perspective, spreading hoax is clearly a lie. The suitable punishment for this is imprisonment until he or she repents fromhisor her wrong doing</p> <p><strong>Keywords:</strong> Hoax, Law of Information and Electronic Transaction, Islamic criminal law</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Artikel ini membahas tentang tinjauan hukum pidana Islam terhadap pemberitaan <em>hoax. </em>Pelaku penyebaran berita <em>hoax</em> telah melanggar pasal 28 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, sanksi pidana bagi pelaku penyebar <em>Hoax</em> terdapat dalam pasal 45 ayat (1) yaitu hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak satu miliar rupiah. Dalam Islam, Islam tidak menghendaki umatnya melakukan perkataan dusta dan kebohongan. Islam tidak menganjurkan fitnah atau berburuk sangka kepada pihak lain. Islam menganjurkan umatnya untuk berbicara dengan pembicaraan yang baik, yang obyektif dan yang benar, bukan perkataan yang kotor dan jorok, bukan pembicaraan yang menghasut, memfitnah, menjelekkan pribadi seseorang, dan bukan pula pembicaraan yang menjurus kepada timbulnya dampak curiga-mencurigai. Dalam hukum pidana Islam, pelaku penyebaran berita <em>hoax</em> yang melanggar pasal 28 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE merupakan tindakan dusta dan fitnah. Hukuman yang tepat bagi pelaku penyebaran berita <em>hoax</em> adalah hukuman <em>ta’z</em><em>î</em><em>r</em> yang berupa hukuman kurungan tidak terbatas, terhukum terus dikurung sampai ia bertaubat dan baik pribadinya atau sampai ia mati.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pemberitaan <em>hoax</em>, Undang-Undang Infomasi dan Transaksi Elektronik, hukum pidana Islam.</p> 2018-03-22T05:04:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/513 Pembajakan Film via Bigo Live Perspektif Hukum Pidana Islam 2018-03-30T16:04:17+00:00 Intan Auliya Ridyana auliaridyana@gmail.com <p><strong>Abstract: </strong>This article discusses perspective of Islamic criminal law on the piracy of film using Bigo live. The process of pirating is conducted by live streaming in cinemas by user of such application and broadcasting it via smartphones while the movie is progressing. This piracy contravenes Law No 28/2014 on copy right, especially article 113 (3). This article stipulates that violating economic right of the author as previously stated in article 9 (1,b) which is commercially copying creation in all of its form is punishable with 1.000.000.000 rupiah. In addition, this piracy contravenes Law No/ 11/2008 on Information and Electronic Transaction article 48 (1 and 2) because of abusing the application using electronic devices with maximum punishment of 8 year of imprisonment and fine of 2.000.000.000 rupiah. The film piracy from the perspective of Islamic criminal law can be considered a theft, but not meeting of its punishable requirements. Thus, the punishment is ta’zir determined by state authority in Indonesia.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Film piracy, bigo live, Islamic criminal law.</p> <p><strong>Abstrak</strong><strong>: </strong>Artikel ini membahas tentang pembajakan film via <em>Bigo live</em> menurut hukum pidana Islam. Proses pembajakan film via <em>Bigo live</em> dilakukan dengan cara <em>live streaming</em> di gedung bioskop oleh pengguna aplikasi tersebut, yang kemudian disebarluaskan melalui <em>smarthphone</em> ketika film sedang berlangsung. Pembajakan film via <em>Bigo live</em> tersebut menurut Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, telah melanggar aturan Pasal 113 ayat (3), dan terancam pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 1000.000.0000,00 (satu miliar rupiah). Pembajakan film via <em>Bigo live</em> juga melanggar Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 48 ayat 1 dan 2, dengan ancaman pidana 8 tahun penjara dan denda 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah). Pembajakan film tersebut menurut hukum pidana Islam adalah termasuk tindak pidana pencurian, namun tidak memenuhi syarat dilaksanakannya hukuman potong tangan, sehingga mengharuskan dilaksanakannya hukuman <em>ta’z</em><em>î</em><em>r</em>, karena telah merugikan seseorang dan mengambil hak seseorang tanpa kerelaan orang tersebut. Ketentuan hukumannya ditentukan oleh ulil amri dengan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pembajakan film, <em>Bigo live</em>, hukum pidana Islam.</p> 2018-03-22T05:09:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/519 Cyberbullying perspektif Hukum Pidana Islam 2018-03-30T15:59:31+00:00 Maulida Nur Mukhlishotin nurmukhlishotin@gmail.com <p><strong>Abstract: </strong> This article discusses cyberbullying from the perspective of Islamic criminal law. In Law No.19 2016 on Information and electronic Transaction there is no stipulation about cyberbullying. There is, however, stipulation of insult, aspersion, threat and extortion. When looking at the definition of cyberbullying which emphasizes on threat and verbal abuse, this will be punishable based onarticle 29 of the Law. This article stipulates the punishment of maximum 4 (four) year of imprisonment and/or fine of maximum 750.000.000 rupiah. From the perspective of the punishment for offender of cyberbullying as stipulated in the law is suitable with Islamic criminal law.it can be considered as ta’zir with requirement and punishment by the state since ta’zir is not authorized clearly in the Qur’an and Hadith.</p> <p><strong>Key words:</strong> Cyberbullying, Law on Information and electronic transaction, Islamic criminal law</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Artikel ini membahas tentang <em>cyberbullying</em> menurut hukum pidana Islam. Dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektroni tidak terdapat unsur yang jelas mengenai <em>cyberbullying</em>. Hanya terdapat unsur penghinaan, pencemaran nama baik, pengancaman dan pemerasan. Jika melihat dari definisi <em>cyberbullying </em>yang menitikberatkan pada pengancaman kekerasan secara verbal, sanksi bagi pelaku tindak kejahatan <em>cyberbullying </em>dikenakan pasal 29 Undang-Undang ITE. Pasal ini mempunyai sanksi pidana sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 45B yakni dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah). Dalam perspektif hukum pidana Islam, hukuman bagi pelaku <em>cyberbullying </em>yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik tersebut telah sesuai dengan prinsip-prinsip hukum pidana Islam. Tindak pidana <em>cyberbullying </em>telah memenuhi unsur-unsur yang ada dalam <em>jarîmah</em> <em>ta’zîr</em> yang hukumannya belum ditentukan oleh syara’ melainkan diserahkan kepada ulil amri (penguasa), baik penentuannya maupun pelaksanaannya. Karena <em>ta’zîr</em> tidak ditentukan secara langsung oleh Alquran dan hadis, maka ini menjadi kompetensi penguasa setempat.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>C</em><em>yberbullying, </em>Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, hukum pidana Islam.</p> 2018-03-22T05:13:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/520 Pencemaran Nama Baik melalui Media Sosial perspektif Hukum Islam 2018-03-30T15:58:18+00:00 Nur Saidatul Ma'nunah saidatul036@gmail.com <p><strong>Abstract</strong>: This article discusses aspersion through social media from the perspective of Islamic law. Law No/ 11/2008 on Information and Electronic Transaction does not state aspersion, but the penal code article 310 (1) articulates that aspersion is an act aginst honor or reputation of someone by public accusation. Aspersion through social media contravenes article 27 (3) of Law No/ 11/2008 on Information and Electronic Transaction and punishable with maximumof 6 year of imprisonment and/or fine maximum of 1.000.000.000 rupiah. In Islamic criminal law, aspersion is considered ta’zir since it is crime against honor. Violationg one’s honor is not allowedin Islam and could degrade his or her dignity. In enacting punishment for its offender through socialmedia, judge has the authority to give punishment according to indonesian law, especially Indonesian penal code and Law No. 11/2008 on Information and Electronic Transaction.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Aspersion, social media, Islamic criminal law.&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Artikel ini membahas tentang tinjauan hukum Islam terhadap pencemaran nama baik melalui media sosial. Dengan merujuk Pasal 310 ayat (1)&nbsp;KUHP,&nbsp;pencemaran nama baik&nbsp;diartikan sebagai perbuatan menyerang kehormatan atau&nbsp;nama baik&nbsp;seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum. Pencemaran nama baik melalui media sosial melanggar Pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 jo Pasal 45 ayat (1) tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Menurut Hukum Pidana Islam, tindak pidana termasuk dalam kategori<em> jarîmah ta’zîr, </em>yaitu tindak pidana terhadap kehormatan. Hal ini karena perbuatan yang dilarang dan menyangkut kehormatan serta nama baik seseorang sehingga dapat menjatuhkan martabat orang itu. Dalam memberikan hukuman bagi pelaku pencemaran nama baik melalui media sosial, hakim dalam hal ini diberi kewenangan untuk menjatuhkan hukuman bagi pelaku <em>jarîmah</em> <em>ta’zîrI </em>dengan mempertimbangkan undang-undang yang berlaku di Indonesia, yaitu KUHP dan UU Nomor 11 Tahun 2008 jo Pasal 45 ayat (1) Informasi dan Transaksi Elektronik.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pencemaran nama baik, media sosial, hukum pidana Islam.</p> 2018-03-22T05:25:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/517 Delik Wanprestasi Jual Beli Online perspektif Hukum Pidana Islam 2018-03-30T16:00:47+00:00 Rizka Ferdiana Sari riezka_imoet10@yahoo.com <p><strong>Abstract:</strong> This article discusses perspective of Islamic criminal law on breach of contract in online trading. Initially, breach of contract is an act in which someone cannot fulfil obligation with or without purpose. Breach of contract is punishable as a fraud if there is a party feel victimized and the breacher act irresponsibly. From perspective Islamic criminal law, the application of breach of contract in online trading is considered jarîmah ta’zîr and punishable with imprisonment, lashing as well as fine. This was practiced by second rightly guided caliph Umar ibn Khattab to those who did fraudulent acts. Ta’zir is a crime in which not textual reference is found.</p> <p><strong>Keywods:</strong> Breach of contract, online trading, Islamic criminal law</p> <p><strong>Abstrak</strong><strong>: </strong>Artikel ini membahas tentang tinjauan hukum pidana Islam terhadap delik wanprestasi terhadap jual beli <em>online</em>. Pada mulanya wanprestasi merupakan kegiatan ingkar janji yang seseorang tidak dapat memenuhi kewajibannya, baik disengaja atau tidak disengaja. Wanprestasi ini dapat dipidanakan atas delik penipuan apabila yang bersangkutan merasa dirugikan dan pihak wanprestasi tidak ada iktikad baik terhadapnya dan memilih jalur pidana dan wanprestasi ini dapat dipidanakan dengan tidak melupakan unsur-unsur yang terkadung di dalam delik penipuan. Dalam tinjauan hukum pidana Islam, penerapan hukum kepada para pelaku delik wanprestasi terhadap jual beli <em>online shop</em> adalah <em>jar</em><em>î</em><em>mah</em> <em>ta’z</em><em>î</em><em>r </em>yang berupa pengasingan, cambukan serta denda yang harus dibayarkan sebagaimana yang telah dilakukan oleh sahabat Umar ibn Khattab kepada pelaku penipuan, karena <em>ta’zîr</em> merupakan hukuman yang dijatuhkan dan kadarnya ditentukan oleh penguasa negara yang tidak diatur dalam Alquran dan sunnah.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Delik wanprestasi, jual beli <em>online, </em>hukum pidana Islam.</p> 2018-03-22T05:22:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/516 Kebebasan Beragama di Indonesia perspektif Ratio Legis Hukum Riddah 2018-03-30T16:01:24+00:00 Nur Rofikoh nurrofiqoh260@gmail.com <p><strong>Abstract</strong>: This article discusses about the freedom of religion in Indonesia according to riddah law ratio legis. In Indonesia, the guarantee of religious freedom is in the 29<sup>th</sup> article of 2<sup>nd</sup> paragraph in the 1945 Constitution that someone is free to choose and embrace a particular religion. Persons who convert from one religion to another shall not be punished, except those whose religion denounces, abuses or condemns oother religions which may be punished. The act is regulated in the article 156a of the Criminal Code concerning the prohibition of abuse or defamation of religion. Islam guarantees freedom of religion as the Qur'anic verse of al-Baqarah verse 256 that there is no compulsion to enter Islam. In a Islamic law, a person who comes out of Islam is called apostate and his blood is halal to be killed. The act is included in the category of riddah jarîmah which can be sentenced a hadd punishment, death penalty. Nevertheless, there are some opinions that in Islamic law not all people come out of Islam can be put to death, only those who emerge from their religion that cause rebellion, chaos on the earth that can be killed.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Religious freedom, Indonesia, ratio legis, riddah.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Artikel ini membahas tentang kebebasan beragama di Indonesia menurut&nbsp;<em>ratio legis </em>hukum <em>riddah</em>. Di Indonesia, jaminan atas kebebasan beragama terdapat dalam pasal 29 ayat 2 UUD 1945. Warga yang melakukan pindah agama satu ke agama yang lain tidaklah dikenai hukuman, kecuali mereka yang dalam agamanya mencela, menghina atau menista agama lain yang dapat dijatuhi hukuman. Perbuatan tersebut diatur dalam pasal 156a KUHP tentang larangan melakukan penyalahgunaan atau penodaan terhadap agama. Islam menjamin kebebasan beragama sebagaimana nash al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 256, bahwasanya tidak ada paksaan untuk memasuki agama Islam. Dalam hukum Islam, seseorang yang keluar dari agama Islam disebut murtad dan halal darahnya untuk dibunuh. Perbuatan tersebut masuk dalam kategori&nbsp;<em>jarîmah riddah&nbsp;</em>yang dapat dijatuhi hukuman&nbsp;<em>hadd </em>yakni hukuman mati. Meski demikian, ada beberapa pendapat bahwa dalam hukum Islam tidak semua orang keluar dari Islam dapat dihukum mati, hanya orang yang keluar dari agamanya yang menimbulkan pemberontakan, kekacauan di muka bumilah yang dapat dihukum mati.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kebebasan beragama, Indonesia,&nbsp;<em>ratio legis</em>,&nbsp;<em>riddah</em>.</p> 2018-03-22T05:20:27+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/HPI/article/view/515 Sanksi Kebiri Kimia Bagi Pemerkosa Anak perspektif Mashlahah Mursalah 2018-03-30T16:02:45+00:00 Mashlahatul Azizah maslahatulazizah@gmail.com <p><strong>Abstract</strong>: This article analyses castration as punishment for underage rage from the perspective <em>mashlahah </em> <em>mursalah</em>. Chemical castration is introduced as one of punishment in rape with the victimof underage children based on article 81 of Government Regulation in Lieu of Law No. 1/2016. The Law was issued due to frequent occurrence of this kind of rape. The punishment was made severe to deter from its occurrence. Castration is in fact useful in preventing the vice. It has fulfilled requirements of <em>m</em><em>ashlahah mursalah</em>. Castration in the Government Regulation in Lieu of Law No. 1/2016 is subsidiary punishment. Cemichal castration in this punishment does not have permanent effect and applied only for certain offender and in application it is applied after undergoing main punishment coupled with rehabilitation under supervision of related government agencies, namely ministry of Law and human rights,ministry of social welfare and ministry ofhelath. By doing so, human rights remains protected and society will deemit useful</p> <p>Keywords: chemical castration, rape, <em>mashlahah</em> <em>mursalah</em>.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Artikel ini membahas tentang analisis <em>mashlahah mursalah</em> terhadap kebiri kimia bagi pemerkosa anak. Adanya kebiri kimia dalam pidana pemerkosaan anak di bawah umur berdasarkan Pasal 81 Perppu No. 1 Tahun 2016. Hal tersebut disebabkan maraknya tindak kekerasan seksual terhadap anak, dan ancaman hukuman yang dimuat dalam Pasal 81 UU No. 35 Tahun 2014 belum menimbulkan efek jera kepada pelaku kekerasan seksual. Hukuman kebiri ini mengandung sebuah manfaat sebagaimana syarat-syarat <em>mashlahah mursalah</em>. Hukuman kebiri dalam Perppu No. 1 Tahun 2016 bersifat sebagai hukuman tambahan, tidak bersifat permanen, hanya diperuntukkan bagi pelaku yang masuk dalamkategori Pasal 76 D UU No. 35 Tahun 2014, dikecualikan bagi pelaku anak dan dalam pelaksanaanya dilakukan setelah pelaku menjalani pidana pokok dengan dibarengi adanya rehabiltasi di bawah pengawasan kementrian hukum, kementrian sosial dan kementrian kesehatan sehingga tidak menghapuskan hak asasi manusia dan adanya penambahan hukuman ini dapat menimbulkan suatu kemanfaatan di dalam kehidupan masyarakat.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kebiri kimia, pemerkosaan, <em>mashlahah </em> <em>mursalah</em>.</p> 2018-03-22T05:16:36+00:00 ##submission.copyrightStatement##