Eksplorasi Metode-Metode Pengembangan Nilai Moderasi Beragama dalam Konteks Keluarga

Authors

  • Abdul Haris Fitri Anto UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/alhukama.2022.12.1.28-60

Keywords:

metode pengembangan nilai, moderasi beragama, keluarga

Abstract

Abstract The family context in the strengthening religious moderation policy by the Ministry of Religion (Kemenag) has not become a top priority compared to the social and educational contexts. In the research context as well, the theme of the method of developing the religious moderation value in the family context remains limited. Therefore, this study aims to explore those themes for mapping the previous research and drawing opportunities for future research. This research is library research based on books and previous research. The results show that the methods for developing religious moderation values in the family remain limited in the mean of the number of studies, method diversity, and research type. The implications of these findings are discussed further.

Keywords: Value developing method; religious moderation; family.

 

Abstrak: Konteks keluarga dalam policy penguatan moderasi beragama oleh Kementerian Agama (Kemenag) belum menjadi prioritas utama dibandingkan konteks sosial dan pendidikan. Demikian pula dalam konteks penelitian, tema metode pengembangan nilai moderasi beragama dalam konteks keluarga masih sangat terbatas. Maka dari itu penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hasil-hasil penelitian dari tema tersebut untuk memetakan penelitian yang telah dilakukan dan peluang bagi peneliti-peneliti berikutnya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka berdasarkan buku dan penelitian terdahulu. Hasil menunjukkan bahwa penelitian-penelitian bertema metode pengembangan nilai moderasi beragama dalam keluarga masih terbatas dalam hal jumlah penelitian, ragam metode, dan jenis penelitian yang digunakan. Implikai dari temuan ini didiskusikan lebih lanjut.

Kata Kunci: Metode pengembangan nilai; moderasi beragama; keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Achmad Zainal. “NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PERMENDIKBUD NO. 37 TAHUN 2018.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2, no. 5 (May 8, 2021): 729–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135.

Alim, M.S., dan Munib, A. “AKTUALISASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim 9, no. 2 (2021): 263–85.

Ananda, Rizki. “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education 1, no. 1 (June 9, 2017): 19. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I1.22.

Anggraini, Wardah, dan Syafril, Syafrimen. “Pengembangan Nilai–Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini,” 2018. https://osf.io/dbnya.

Anwar, Rosyida Nurul. “PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 4, no. 2 (January 1, 2021): 155–63. https://doi.org/10.29300/ALFITRAH.V4I2.3883.

Chadidjah, Sitti, Kusnayat, A., dan Ruswandi, U. “IMPLEMENTATION OF VALUES OF RELIGIOUS MODERATION IN PAI LEARNING.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (June 26, 2021): 114–24. https://doi.org/10.51729/6120.

Dasopang, Muhammad Darwis. “Pola Penanaman Karakter Mulia Terhadap Anak Didik Dalam Keluarga Berdasarkan Nilai Yang Terkandung Dalam Hadits.” Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6, no. 1 (June 29, 2020): 117–32. https://doi.org/10.24952/TAZKIR.V6I1.2697.

Dewi, Indah Kemala, dan Rakimahwati. “ORANG TUA DALAM KELUARGA DI JORONG KOTO ALAM.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2021): 56–65.

Fajriyah, Lathifatul, dan Riswandi, Fitta Nurisma. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” In Exporting Indonesia’s Moderate Islam to the World Stage: Religion, Peace & Harmony, 901–7. Surabaya, 2022.

Gafur, Abdul. “Model Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak-Anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah Di Indralaya.” Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 4, no. 1 (June 16, 2020): 60–73. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.8145.

Gufron, Uup. “Corak Moderasi Beragama Keluarga Mualaf Tionghoa (Studi Kasus Jamaah Masjid Lautze Jakarta Pusat).” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (December 27, 2019): 205–32. https://doi.org/10.37302/JBI.V12I2.115.

Hadiah, dan Syamsurijal. “Mengarusutamakan Moderasi Beragama Di Kalangan Remaja: Kajian Konseptual.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 15, no. 1 (2020): 95–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.5508208.

Hamdi, Saibatul, Munawarah, dan Hamidah. “Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi Untuk Membangun Harmonisasi.” Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 1–15. https://doi.org/10.19109/INTIZAR.V27I1.8191.

Hermawan, M.A. “NILAI MODERASI ISLAM DAN INTERNALISASINYA DI SEKOLAH.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25, no. 1 (June 15, 2020): 31–43. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V25I1.3365.

Inten, Dinar Nur. “Penanaman Kejujuran Pada Anak dalam Keluarga.” Jurnal FamilyEdu III, no. 1 (2017): 35–45. http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/download/5907/4664.

Jamilah. “Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat).” Simulacra 2, no. 2 (December 17, 2019): 181–94. https://doi.org/10.21107/SML.V2I2.6045.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Moderasi beragama, (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019).

Kumalasari, Reni. “Perempuan dan Moderasi Beragama: Potensi dan Tantangan Perempuan dalam Mewujudkan Moderasi Beragama.” Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak 4, no. 1 (June 6, 2022): 50–58. https://doi.org/10.29300/HAWAPSGA.V4I1.6484.

Kusmawati, Heny, dan Surachman, Anista Ika. “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kewirausahaan.” El-Tarbawi 12, no. 2 (2019): 129–54. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art2.

Kusnawan, Aep, dan Rustandi, Ridwan. “Menemukan Moderasi Beragama dalam Kaderisasi Dakwah: Kajian Pada Pemuda Persatuan Islam Jawa Barat.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 5, no. 1 (2021): 41–61. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i1.2900.

Lede, Yohanes Umbu. “Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Penanaman Nilai Budaya Lokal Tama Umma Kalada.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 8, no. 1 (2022): 237. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.627.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga; Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, (Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2016)

Liando, Mayske Rinny, dan Hadirman. “Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (May 31, 2022): 379–92. https://doi.org/10.30868/EI.V11I01.2089.

Lickona, Thomas, Mendidik untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)

Makhmudah, Siti. “Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (June 12, 2020): 2020. https://doi.org/10.18860/JPAI.V6I2.9189.

Meinarno, Eko A., dan Sarwono, Sarlito W. (eds.), Psikologi Sosial Edisi 2, (Jakarta: Salemba Humanika, 2018)

Mujizatullah. “Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone.” PUSAKA: Jurnal Khasanah Keagamaan 9, no. 2 (November 25, 2021): 231–50. https://doi.org/10.31969/PUSAKA.V9I2.526.

Nafisah, Fiina Tsamrotun, dan Zafi (Az), Ashif. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pandemi.” TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2020): 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20.

Pratiwi, Putri Septi, Seytawati M. P., Hidayatullah, A. F., dan Ismail. “Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok).” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1 (June 24, 2021): 83–94. https://doi.org/10.29240/JDK.V6I1.2959.

Rahayu, Luh Riniti dan Lesmana, Putu Surya Wedra, “Potensi Peran Perempuan dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Indonesia,” Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya XX, no. 1 (2020).

Rita, Fitria Nova, dan Iswantir. “Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung.” Innovative: Journal Of Social Science Research 2, no. 1 (March 1, 2022): 493–503. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V2I1.3798.

Rizky, F.U, dan Syam, Nur. “Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama.” Jurnal Ilmu Komunikasi 11, no. 1 (April 1, 2021): 16–33. https://doi.org/10.15642/JIK.2021.11.1.16-33.

Safitri, Latifah Nurul, dan ’Aziz, Hafidh. “Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (April 5, 2019): 85–96. https://doi.org/10.14421/JGA.2019.41-08.

Saputera, Abdur Rahman Adi, dan Djauhari, Muhammad Syarif H. “Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Gorontalo.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 01, no. 1 (2021): 41–60. https://ojs.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3351.

Sari, Ismet, Hasibuan K. H., Munthe, R.M., Hasini, N.R.R., dan Nasution, Tiara At-Thahirah. “KEBERFUNGSIAN KELUARGA SEBAGAI BASIS PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI DESA LONDUT AFDELING III KECAMATAN KUALUH HULU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 4, no. 2 (2021): 312–21.

Sholikhah, Amirotun. “Peran Keluarga Sebagai Tempat Pertama Sosialisasi Budi Pekerti Jawa Bagi Anak Dalam Mengantisipasi Degradasi Nilai-Nilai Moral.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 15, no. 1 (May 12, 2020): 111–26. https://doi.org/10.24090/YINYANG.V15I1.3805.

Suarnaya, I Putu. “MODEL MODERASI BERAGAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA PEGAYAMAN KABUPATEN BULELENG.” Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu 4, no. 1 (August 31, 2021): 45–59. https://doi.org/10.36663/WSPAH.V4I1.239.

Umar, Mardan, Ismail, F., dan Syawie, N., “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021): 101–11. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798.

Wahab, Gusnarib. “PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM MODERAT PADA ANAK USIA DINI DI RA DWP IAIN PALU.” Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 1 (December 21, 2019): 17–40. https://doi.org/10.24239/ABULAVA.VOL1.ISS1.2.

Waskito, M. Nur, dan Pambudi, Dholina Inang. “Penanaman Nilai Antikorupsi Siswa SD Melalui Pendidikan Keluarga Di Kampung Prenggan.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1, no. 3 (2018): 173. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.664.

Werdiningsih, Wilis, dan Umah, Restu Yulia Hidayatul. “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah Melalui Ekskul Rohis.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 6, no. 1 (April 15, 2022): 146–55. https://doi.org/10.36835/ANCOMS.V6I1.412.

Yuliana, Fitri Lusiana, Dea Ramadhanyaty, Anis Rahmawati, dan Rosyida Nurul Anwar. “Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 2974–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572.

Zakiyah. “MODERASI BERAGAMA MASYARAKAT MENENGAH MUSLIM: STUDI TERHADAP MAJLIS TAKLIM PEREMPUAN DI YOGYAKARTA.” Harmoni 18, no. 2 (December 31, 2019): 28–50. https://doi.org/10.32488/HARMONI.V18I2.392.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Anto, A. H. F. (2022). Eksplorasi Metode-Metode Pengembangan Nilai Moderasi Beragama dalam Konteks Keluarga. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 12(1), 28–60. https://doi.org/10.15642/alhukama.2022.12.1.28-60

Issue

Section

Articles