ANALISIS MAS{LAH{AH AL-MURSALAH TERHADAP ‎PEMBIAYAAN MURA>BAH}AH BI AL-WAKA>LAH DENGAN ‎JAMINAN KARTU SUSUNAN KELUARGA DAN AKTA NIKAH DI ‎BAITUL MA>L WAT TAMWI>L AMANAH MADINA WARU ‎SIDOARJO

  • Moh. ‎ Hamdan ‎ Hizbayni

Abstract

BMT Amanah Madinah mengharuskan adanya jaminan dalam memberlakukan segala pembiayaan. salah bentuk jaminan adalah jaminan yang berupa yang berupa Kartu Susunan Keluarga dan akta nikah. Pada dasarnya keduanya merupakan jaminan kepercayaan yang diterapkan pada nasabah dengan tingkat perekonomian menengah kebawah, dengan nilai pembiayaan Rp.300.000,- s/d Rp.1.500.000,-. Salah satu akad dalam pembiayaan tersebut adalah mura>bah}ah bi al-waka>lah. Pada perjanjian ini baik pihak nasabah maupun pihak BMT Amanah Madina telah memiliki kecakapan dalam melaksakan hukum, sehingga segala perbuatannya dapat dipertanggung jawabkan. Penerapan prosedur pembiayaan yang demikian telah memenuhi persyaratan dalam akad mura>bah}ah dan akad waka>lah. Pada pembiayaan mura>bah}ah bi al-waka>lah dengan jaminan KSK dan akta nikah mempunyai kemaslahatan baik untuk nasabah dan pihak BMT Amanah Madina. Jaminan KSK dan akta nikah termasuk objek dalam ruang lingkup mas{lah{ah al-mursalah. Penerapan jaminan KSK dan akta nikah tidak memiliki dalil yang membenarkan maupun melarang hal tersebut. sehingga jaminan KSK dan akta nikah termasuk dalam kriteria mas{lah{ah al-mursalah. Sejalan dengan kesimpulan diatas, diharapkan pada lembaga keuangan lebih kreatif  lagi dalam mengembangkan produk yang mendatangkan banyak kemaslahatan bagi semua pihak dan menghindarkan kemafsadatan yang timbul dari produk tersebut. Dan bagi nasabah yang memperoleh keringanan jaminan diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian, sehingga tercipta pemerataan ekonomi.
Keyword: mas{lah{ah al-mursalah, mura>bahah bil wakalah, jaminan KSK dan akta nikah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-10
How to Cite
HIZBAYNI, Moh. ‎ Hamdan ‎. ANALISIS MAS{LAH{AH AL-MURSALAH TERHADAP ‎PEMBIAYAAN MURA>BAH}AH BI AL-WAKA>LAH DENGAN ‎JAMINAN KARTU SUSUNAN KELUARGA DAN AKTA NIKAH DI ‎BAITUL MA>L WAT TAMWI>L AMANAH MADINA WARU ‎SIDOARJO. MALIYAH, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 76-107, july 2017. ISSN 2088-4869. Available at: <http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/maliyah/article/view/453>. Date accessed: 21 oct. 2017.
Section
Articles