Konstruksi Fikih Kebangsaan Nahdlatul Ulama

Kajian terhadap Peran NU Perspektif Fiqh Siyasah

Authors

  • Muh. Sholihuddin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Saiful Jazil UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.85-121

Abstract

National jurisprudence is actually a response to the discourse on the relationship between religion and the State. Some Islamic groups who have the view of Islamic religious and political unity (al-Islam din wa daulah) that the three concepts are a complete and inseparable unity. The others said that the unity of religion and the State had ended when finally of al-Khulafa 'al-Rashidun. This matter when contextualized in Indonesia also becomes a long debate about the shape of the Indonesian state. Some want Islam to be the basis of the state and others want a nation-state. This is where national jurisprudence emerges as a way of looking at the relationship between religion and the State. Nahdlatul Ulama (NU) as an Islamic organization since the beginning of the emergence of the State has very strong national fiqh nuances. NU's acceptance of the nation-state as a form of State is evidence of this. With this manhaj fiqh siyasah, NU introduced the building of national political arguments without leaving Islamic teachings. Indonesia as a plural country is certainly the choice of the nation-state is the most ideal choice because it can minimize the potential for discrimination.

 

Abstrak: Fikih kebangsaan merupakan respons atas wacana hubungan agama dan Negara. Sebagian kelompok memandang bahwa agama dan politik Islam (al-Islam din wa daulah) merupakan kesatuan yang utuh tak terpisahkan. Sebagian lain menyatakan bahwa kesatuan agama dan Negara itu sudah berakhir dengan selesainya al-Khulafa’ al-Rashidun. Dan ketika dikontekstualisasi di Indonesia menjadi perdebatan yang cukup panjang tentang bentuk Negara Indonesia. Sebagian menghendaki agar Islam menjadi dasar negara dan sebagian yang lain menghendaki nation-state. Di sinilah kemudian muncul fikih kebangsaan sebagai cara pandang dalam melihat hubungan agama dan Negara. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam sejak awal munculnya Negara sudah sangat kental nuansa fikih kebangsaannya. Penerimaan NU atas nation-state sebagai bentuk Negara menjadi bukti akan hal itu. Melalui manhaj fiqh siyasah ini, NU mengenalkan bangunan argumentasi politik kebangsaan tanpa meninggalkan ajaran Islam. Indonesia sebagai Negara yang plural tentu pilihan nation-state merupakan pilihan yang paling ideal karena dapat meminimalisasi potensi diskriminasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abshor, Muhammad Ulil. ‘Dinamika Ijtihad Nahdlatul Ulama (Analisis Pergeseran Paradigma Dalam Lembaga Bahtsul Masail NU)’. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities I, no. 2 (Desember 2016).

Ahmad, Fathoni. ‘NU Menegaskan Hubungan Pancasila Dengan Islam’. Accessed 31 October 2020. https://www.nu.or.id/post/read/116613/nu-menegaskan-hubungan-pancasila-dengan-islam.

Alawi, Abdullah. ‘Ternyata Ada Fatwa Jihad Dan Resolusi Jihad’. Accessed 31 October 2020. https://www.nu.or.id/post/read/112641/ternyata-ada-fatwa-jihad-dan-resolusi-jihad.

Al-Ghazaly. Al-Iqtisad Fi al-I’tiqad. Mesir: Maktabah al-Jund, 1972.

Al-Mawardy. Al-Ahkam al-Sultaniyyah. Mesir: Maktabah Mustafa al-Baby al-Halaby, 1973.

Al-Qardhawy, Yusuf. Pedoman Bernegara Dalam Perspektif Islam. Translated by Kathur Suhadi. Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 1999.

Amin, Nasikhun. ‘Bedah Buku Fatwa Resolusi Jihad’. Accessed 30 October 2020. https://lirboyo.net/bedah-buku-fatwa-resolusi-jihad/.

Anam, Choirul. Pertumbuhan Dan Perkembangan NU. Surabaya: Bisma Satu Press, 1998.

Anshor, Ahmad Muhtadi. Bahth Al-Masail Nahdlatul Ulama: Melacak Dinamika Pemikiran Mazhab Kaum Tradisionalis. Yogyakarta: Teras, 2012.

Asmuni, M. Yusran. Aliran Modern Dalam Islam: Mengenal Pokok-Pokok Pemikiran Para Pemukanya. Surabaya: Al-Ikhlas, 1982.

Asy’ari, Hasyim. Qanun Asasi Nahdlatul Ulama’. Kudus: Menara Kudus, 1971.

Baqy, Muhammad Fu’ad ‘Abd al-. Al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Bizawie, Zainul Milal. Laskar Ulama Dan Santrinya & Resolusi Jihad; Garda Depan Menegakkan Indonesia 1945-1949. Jakarta: Pustaka Compass Tangerang, 1998.

Bruinessen, Martin Van. NU: Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: Elkis, 1994.

Cawidu, Harifuddin. Konsep Kufr Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

Djaelani, Abdul Qadir. Negara Ideal Menurut Konsepsi Islam. Surabaya: Bina Ilmu, 1995.

Engineer, Asghar Ali. Devolusi Negara Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Fachrudin, Azis Anwar. ‘NU Dan Pancasila: Dulu Dan Kini’. Accessed 31 October 2020. https://crcs.ugm.ac.id/nu-dan-pancasila-dulu-dan-kini/.

Haidar, M. Ali. Nahdatul Ulama Dan Islam Di Indonesia, Pendekatan Fiqih Dalam Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998.

Hamzah, Imron, and Choirul Anam. Gus Dur Diadili Kiai-Kiai. Surabaya: Jawa Pos, 1989.

Hosen, Ibrahim. ‘Fiqh Siyasah Dalam Tradisi Pemikiran Islam Klasik’. Jurnal Ilmu Dan Kebudayaan Ulumul Quran IV, no. 2 (1994).

K, Alhafiz K Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/103208/ini-penjelasan-atas-kontroversi-tiada-orang-kafir-di-indonesia. ‘Ini Penjelasan Atas Kontroversi Tiada Orang Kafir Di Indonesia’. Accessed 1 November 2020. https://www.nu.or.id/post/read/103208/ini-penjelasan-atas-kontroversi-tiada-orang-kafir-di-indonesia.

Khaldun, Ibn. Muqaddimah. Kairo: al-Maktabah al-Tijariya al-Kubra, n.d.

Khallaf, ’Abd al- Wahhab. ‘Ilm Usu Fiqh. Dar al-Khuwayriyah, 1969.

Kohn, Hans. Nasionalisme, Arti Dan Sejarahnya. Jakarta: PT. Pembangunan, 1984.

Mahfud, Sahal. Solusi Hukum Islam: Keputusan Muktamar, Munas Dan Konbes NU 1926-2004. Kudus: Khalista, 2007.

Makhyaruddin, Deden Muhammad. ‘Fiqih “Hai Kafir” Kepada Non Muslim’. Accessed 1 November 2020. https://www.annahlbsdcity.com/uncategorized/fiqih-hai-kafir-kepada-non-muslim/.

Manan, M. Abdul. Teori Dan Praktek Ekonomi Islam. Jakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1997.

Marijan, Kacung. Quo Vadis NU Setelah Kembali Ke Khittah 1926. Jakarta: Erlangga, 1992.

Masfah, Umi. ‘Pemikirn Pembaharuan K.H. Abdul Wahab Chasbullah Terhadap Lahirnya Nahdlatu Ulama (NU)’. International Journal Ihya’ ‘Ulum al-Din 18, no. 2 (2016).

Masruhan. ‘Pemikiran Kyai NU Tentang Relasi Agama Dan Negara’. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran Pembaharuan Hukum Islam 12, no. 1 (June 2009).

Muhdina, Darwis. ‘Orang-Orang Non Muslim Dalam Al-Qur’an’. Jurnal Al-Adyaan I, no. 2 (Desember 2015).

Mulia, Musda. ‘Negara Islam: Pemikiran Politik Hosen Haikal’. Disertasi, IAIN Syarif Hidayatullah, 1997.

Mulyana, Slamet. Kesadaran Nasional Dari Kolonialisme Sampai Kemerdekaan. Yogyakarta: LKiS, 2008.

Ngasiran, Riadi. Aktualisasi Pemikiran Dan Kejuangan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2018.

Nugraha, Candra. ‘NU Usul Non-Muslim Di Indonesia Tak Disebut Kafir’. Accessed 1 November 2020. https://regional.kompas.com/read/2019/03/01/12404031/nu-usul-non-muslim-di-indonesia-tak-disebut-kafir?page=all,%20diakses%2001%20Nopember%202020.

Raharjo, M. Dawam. ‘Ulil Amri’. Jurnal Ilmu Dan Kebudayaan Ulumul Quran IV, no. 2 (1994).

Ridwan, Nur Kholik. ‘Muktamar NU 1936 Dan Makna Indonesia Sebagai Darul Islam’. Accessed 31 October 2020. https://www.nu.or.id/post/read/73164/muktamar-nu-1936-dan-makna-indonesia-sebagai-darul-.

Rifai, Muhammad. KH. Wahab Hasbullah Biografi Singkat 1888- 1971. Yogyakarta: Garasi House of Book, 2010.

Rojak, Jeje Abdul. Politik Kenegaraan: Pemikiran al-Ghazali Dan Ibn Taimiyyah. Surabaya: Bina Ilmu, 1999.

Rumadi, dkk. Hasil-Hasil Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama. Jakarta: LTNU, 2016.

Sadiqy, Muhammad Ibn ‘Allan al-. Dalil Al-Falihin Li Turuq al-Riyad al-Salihin. Vol. I. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Araby, n.d.

Said, Imam Ghazali. ‘Memahami Sikap Nasionalisme KH Hasyim Asyari’. Accessed 29 October 2020. http://pesma-annur.net/memahami-sikap-nasionalisme-kh-hasyim-asyari.

Sakhawy, ’Abdurrahman al-. Al-Maqasid al-Hasanah. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Araby, 1985.

Salam, Muhammad Yordanis. ‘Tiada Orang Kafir Di Indonesia? Begini Duduk Masalahnya’. Accessed 1 November 2020. https://pwnujatim.or.id/tiada-orang-kafir-di-indonesia-begini-duduk-masalahnya/.

Salim, Arskal. Challenging The Secular State: The Islamization of Law in Modern Indonesia. Hawai’i: University of Hawai’i Press, 2008.

Sholihuddin, Muh. ‘Negara Islam (Pemikiran FikihSiyasah KH. Ibrahim Hosen)’. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran Pembaharuan Hukum Islam 13, no. 1 (June 2010).

Soekarno. Di Bawah Bendera Revolusi I. Jakarta: Banana Books, 2016.

Sugiarto, A Shiddiq, and Mukafi Niam. ‘Hubbul Wathon Minal Iman, Jargon Pertahankan NKRI’. Accessed 1 October 2020. https://www.nu.or.id/post/read/76064/hubbul-wathon-minal-iman-jargon-pertahankan-nkri.

Sumadi, Eko. ‘Keislaman Dan Kebangsaan: Modal Dasar Pengembangan Organisasi Dakwah’. Tadbir 1, no. 1 (June 2016).

Syamsuddin, M. Din. ‘Usaha Pencarian Konsep Negara Dalam Sejarah Pemikiran Politik Islam’. Jurnal Ilmu Dan Kebudayaan Ulumul Quran IV, no. 2 (1994).

Thoha, Anis Malik. Tren Plurarisme Agama: Tinjauan Kritis. Jakarta: Prespektif, 2005.

Yatim, Badri. Soekarno, Islam Dan Nasionalisme. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Downloads

Published

2021-06-07

How to Cite

Sholihuddin, Muh., and Saiful Jazil. 2021. “Konstruksi Fikih Kebangsaan Nahdlatul Ulama: Kajian Terhadap Peran NU Perspektif Fiqh Siyasah”. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 24 (1):85-121. https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.85-121.