Implementasi Maqasid Shari‘ah dalam Perencanaan Keuangan Menuju Good Money Habit

Authors

  • Zumrotul Azizah Hukum Ekonomi Syariah
  • Ubaid Aisyulhana STAI Al-Akbar Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.2.495-525

Abstract

Financial planning is a measuring tool that can be used by humans to meet the needs of life both now and in the future. Every financial or economic decision that will be taken by someone has an impact on the financial planning that is carried out. This good financial decision can also make a person able to see the short and long term effects on his life goals. In Islam, financial planning is very important as long as it does not conflict with sharia principles and is oriented towards the world and the hereafter. With good financial planning, the economic or financial cycle will also improve or what is commonly called good money habits. Good money habit is a habit that becomes a person's ability to finance life with basic needs first so that financial conditions are not problematic. Financial conditions that are not problematic, of course, will bring security in life. Of course, with maslahah, the concept of Islamic finance will aim to realize the public interest. Maslahah gives its side not only to individuals, but also to the interests of the wider community. By being oriented to maslahah, life can create a just and prosperous society which has far-reaching implications, not only in the material-worldly context, but also spiritual-ukhrawi.

 

Abstrak: Perencanaan keuangan adalah alat ukur yang dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup baik di masa kini maupun masa yang akan datang. Setiap keputusan terkait keuangan atau ekonomi yang akan diambil oleh seseorang berdampak pada perencanaan keuangan yang dilakukan. Keputusan finansial yang baik ini juga dapat membuat seseorang mampu melihat efek jangka pendek dan panjang atas tujuan hidupnya. Dalam Islam, perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan asal tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah dan berorientasi pada dunia dan akhirat. Dengan perencanaan keuangan yang baik maka siklus ekonomi atau keuangan akan ikut membaik atau yang biasa disebut dengan good money habits. Good money habit adalah kebiasaan yang menjadi kemampuan seseorang dalam membiayai hidup dengan kebutuhan pokok terlebih dahulu sehingga kondisi keuangan tidak bermasalah. Kondisi keuangan yang tidak bermasalah tentu saja akan membawa keamanan dalam kehidupan. Tentunya dengan maslahah maka konsep keuangan Islam akan bertujuan untuk mewujudkan kepentingan publik. Maslahah memberikan pemihakannya tidak saja pada individu, tetapi juga kepentingan masyarakat yang lebih luas. Dengan berorientasi pada maslahah, kehidupan dapat menciptakan masyarakat yang adil dan makmur yang mempunyai implikasi jauh, tidak saja dalam konteks materil-duniawi, tetapi juga spiritual-ukhrawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrin, Abdullah. Meraih Berkah Melalui Asuransi Syariah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

Bahsoan, Agil. ‘Maslahah Sebagai Maqa>s}id shari>‘ah: Tinjauan Dalam Perspektif Ekonomi Islam’. INOVASI 8, no. 1 (March 2011).

Bakri, Asafri Jaya. Konsep Maqa>s}id shari>‘ah Menurut Al-Syatibi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Budisantoso, Indrasto, and Gunanto. Indrasto Budisantoso Dan Gunanto, Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadian Keluarga (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2011. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Ghazie, Prita H. Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya. Jakarta: Gramedia, 2010.

Hafidhuddin, Didin, and Henri Tanjung. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

Hatta, Moh. ‘Maqa>s}id Shari>’ah al-Shat}iby Sebagai Metode Hukum Islam Yang Mandiri (Qa>iman Li Dha>tih)’. Al-Qānūn 18, no. 1 (June 2015).

Iqbal, Muhaimin. Dinar Solution (Dinar Solusi). Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

Ismanto, Kuat. Asuransi Perspektif Maqashid Asy-Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Junaidy, Abdul Basith. ‘Menimbang Mas}lah}ah Sebagai Dasar Penetapan Hukum (Kajian Terhadap Pemikiran Muhammad Abu Zahrah)’. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran Pembaharuan Hukum Islam 18, no. 2 (Desember2015).

Lahsasna, Ahcene. Maqasid Al Shari’ah In Islamic Finance. Jakarta: UMIKOM, 2014.

Mannan, M. Abdul. Teori Dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 1997.

Mingka, Agustianto, and Luthfi Trisandi. Agustianto Mingka Dan Luthfi Trisandi, Fiqh Keuangan Syariah (Jakarta: MudaMapan Publishing, 2010. Jakarta: Muda Mapan Publishing, 2010.

Mukhlisin, Murniati. Sakinah Finance: Solusi Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Islami. Solo: Tinda Medina, 2013.

Mukri, Moh. Aplikasi Konsep Maslahah Al-Gazali Pada Isu-Isu Hukum Islam Kontemporer Di Indonesia. Yogyakarta: Idea Press, 2012.

Muzammil, Iffah. ‘Mas}lah}ah Sebagai Sumber Hukum Islam Menurut Najm Al-Di>n Al-T{u>fy’. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran Pembaharuan Hukum Islam 13, no. 1 (June 2010).

Nurrohman, Dede. ‘Konsep Self-Interest Dan Maslahah Dalam Rasionalitas Ekonomi Islam’. ISLAMICA 5, no. 1 (September 2010).

Pontjowinoto, Iwan P. Kaya & Bahagia Cara Syariah. Jakarta: Mizan Media Utama, 2010.

Rivai, Veitzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: Kencana, 2005.

Sunariyah. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP-STIM YKPMs, 2011.

Suwiknyo, Dwi. Tarbiyah Finansial. Yogyakarta: Diva Press, 2009.

Syihabuddin, Atok. ‘Etika Distribusi Dalam Ekonomi Islam’. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran Pembaharuan Hukum Islam 20, no. 1 (June 2017).

Tamanni, Luqyan, and Muniarti Mukhilisin. Luqyan Tamanni Dan Muniarti Mukhilisin, Sakinah Finance (Solo: Tinta Medina, 2013. Solo: Tinda Medina, 2013.

Toruquddin, Moh. ‘Teori Maqa>s}id shari>‘ah Perspektif Al-Syatibi’. Jurnal Syariah Dan Hukum 6, no. 1 (June 2014).

Yubsir. ‘Maqa>shid Al-Syari’ah Sebagai Metode Interpretasi Teks Hukum: Telaah Filsafat Hukum Islam’. Al-’Adalah XI, no. 2 (July 2001).

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Azizah, Zumrotul, and Ubaid Aisyulhana. 2021. “Implementasi Maqasid Shari‘ah Dalam Perencanaan Keuangan Menuju Good Money Habit”. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 24 (2):495-525. https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.2.495-525.