Pedoman Penulisan

Naskah yang dikirim ke Redaksi Jurnal al-Qanun akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Produk ilmiah orisinil dalam disiplin ilmu syariah dan hukum yang belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  2. Ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa asing (Arab atau Inggris).
  3. Diketik dalam bentuk Microsoft Word pada kertas ukuran A-4, spasi 1,5, font Cambria, size 12, dengan panjang tulisan 17-20 halaman (3500-5000 kata).
  4. Naskah dikirim dengan cara Register dan Login, atau melalalui e-mail: qanun@yahoo.co.id atau al.qanun@gmail.com, setelah dilakukan penyesuaian pada template jurnal Al-Qanun sebagai berikut: TEMPLATE
  5. Sistematika penulisan terdiri dari judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, isi dan penutup, dan daftar pustaka.
  6. Abstrak memuat inti permasalahan dengan panjang tulisan 130-170 kata dan kata kunci 3-6 kata/frasa
  7. Setiap kata asing atau istilah lokal ditulis miring (italic), dan untuk kata Arab ditulis sesuai pedoman Transliterasi Al-Qanun.
  8. Penulisan rujukan menggunakan catatan kaki (foot note), dengan font Cambria size 9, dengan menggunakan aplikasi ZOTERO model Chicago Manual of Style 17th Edition (full note). Atau secara manual sebagai berikut: nama pengarang, koma, judul rujukan (dengan huruf miring), koma, volume, juz/jilid (jika ada), kurung buka, tempat penerbitan, titik dua, nama penerbit, koma, tahun terbit, kurung tutup, koma, nomor halaman. Tanpa menggunakan Op. Cit dan Loc. Cit.

 

CONTOH: Penulisan Rujukan dari buku, internet, jurnal:

[1] Siti Sundari Rangkuti, Hukum Lingkungan dan Kebijaksanaan Lingkungan Nasional (Surabaya: Airlangga University Press, 2000), 60.

[1] Laode M. Syarif dan Andri G. Wibisana, Hukum Lingkungan: Teori, Legislasi dan Studi Kasus (Jakarta: USAID, 2015), 2.

[1] Rangkuti, Hukum Lingkungan dan Kebijaksanaan Lingkungan Nasional, 62.

[1] Muhammad Akib, “Pergeseran Paradigma Penegakan Hukum Lingkungan: dari Mekanistik-Reduksionis ke Holistik-Ekologi,” Jurnal Masalah-masalah Hukum 43, no. 1 (Januari 2014): 125.

[1] Rangkuti, Hukum Lingkungan dan Kebijaksanaan Lingkungan Nasional, 62.

[1] Rangkuti, 62.

[1] Takdir Rahmadi, “Perkembangan Hukum Lingkungan di Indonesia,” t.t., http://www.mahkamahagung.go.id/rbnews.asp?bid=2949.

[1] Akib, “Pergeseran Paradigma Penegakan Hukum Lingkungan: dari Mekanistik-Reduksionis ke Holistik-Ekologi,” 127.

Penulisan daftar pustaka dengan menggunakan aplikasi ZOTERO model Chicago Manual of Style 17th Edition (full note). Atau secara manual dengan menyebut nama penulis, koma, judul buku (dicetak miring/italic), koma, kota penerbitan, koma, nama penerbit, koma, dan tahun penerbitan, kemudian mengurutkannya secara alfabetis.

Contoh Penulisan daftar Pustaka

Akib, Muhammad. “Pergeseran Paradigma Penegakan Hukum Lingkungan: dari Mekanistik-Reduksionis ke Holistik-Ekologi.” Jurnal Masalah-masalah Hukum 43, no. 1 (Januari 2014).

Rahmadi, Takdir. “Perkembangan Hukum Lingkungan di Indonesia,” t.t. http://www.mahkamahagung.go.id/rbnews.asp?bid=2949.

Rangkuti, Siti Sundari. Hukum Lingkungan dan Kebijaksanaan Lingkungan Nasional. Surabaya: Airlangga University Press, 2000.

Syarif, Laode M., dan Andri G. Wibisana. Hukum Lingkungan: Teori, Legislasi dan Studi Kasus. Jakarta: USAID, 2015.

 

Untuk Pedoman Penulisan dan Pedoman Transliterasi bisa downloud di sini: Pedoman Penulisan (MSW) atau Pedoman Penulisan (PDF) dan Pedoman Transliterasi (MSW) atau Pedoman Transliterasi (PDF). Untuk penyesuaian TRANSLITERASI supaya menggunkan font Times New Arabic, bisa dowload di sini: Font Transliterasi