Telaah Kritis terhadap Pemikiran al-Juwayni tentang Wahdaniyyah dan Risalah

Authors

  • Khalil Al-Farahidy Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Aris Fauzan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mohammad Syifa Amin Wigdodo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/alqanun.2022.25.1.71-82

Abstract

Wahdaniyyah and prophethood are two things that must be believed to be valid until the end of time for every human being. These two things will continue to exist in the minds of humans and will not be erased. As for the Shari'a, it is different from the prior in that there will come a time when people will forget about it. When this period comes, humans will not be remorseful about departing from the Shari'a unless they leave these two things. This is the thought of Imam al-Haramain al-Juwayni, a scholar from the Shafiʻiy school, written in one of his books: Ghiyath al-Umam fi iltiyath al-Zulam. This thought is in line with a hadith which states that knowledge will be uprooted from the earth's surface with the scholars' death. The meaning of wahdaniyyah is a form of acknowledgment of the Almighty God. At the same time, prophethood is the sending of messengers by God Almighty to give instructions to humans about His authority.

 

Abstrak: Wahdaniyyah dan risalah merupakan dua hal yang mutlak untuk diyakini kebenarannya sampai akhir zaman bagi setiap manusia.  Kedua hal ini akan terus ada di benak manusia dan tidak akan terhapus selamanya.  Adapun syariat yang lain berbeda dengan kedua hal tersebut, yang mana akan datang suatu masa manusia akan lupa terhadapnya. Dan jika masa ini datang, manusia tidak bedosa dengan sebab meninggalkan syariat, kecuali jika mereka meninggalkan dua hal tersebut.  Inilah pemikiran dari Imam al-Haramain al-Juwayni, seorang ulama dari madhhab Shafiʻiy, yang dituliskan dalam salah satu bukunya: Ghiyath al-Umam fi iltiyath al-Zulam.  Pemikiran ini selaras dengan sebuah hadits yang menyatakan bahwa ilmu akan dicabut dari muka bumi dengan meninggalnya para ulama. Maksud dari wahdaniyyah adalah bentuk pengesaan kepada Rabb Yang Maha Esa.  Sedangkan risalah adalah pengutusan rasul oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk memberi petunjuk kepada manusia tentang pengesaan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abul-’Ulyaan, Abdullah Yusuf. “Asy-syar’iyyah as-Siyasiyyah fii fikril imam al-Juwaini.” IUGJEPS 28, no. 1 (2020): 1–19.

Admin. “al-‘Alaqah bain Aqsam al-Tauhid.” Diakses 11 Maret 2022. https://www.alukah.net/sharia/0/59347/العلاقة-بين-أقسام-التوحيد/.

———. “Tahlil Kalimah Wahdaniyyah: Tasrif al-Fi’il Wahdaniyyah.” Diakses 9 Februari 2022. https://www.almaany.com/ar/analyse/ar-ar/وحدانية/.

———. “Ta’rif wa Ma’na Risalah fi Mu’jam al-Ma’any al-Jami’.” Diakses 11 Februari 2022. https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/رسالة/.

———. “Terjemahan dan Arti kata الأمم Dalam bahasa indonesia, Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman.” Diakses 11 Maret 2022. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/الأمم/.

———. “Terjemahan dan Arti kata تلوث Dalam bahasa indonesia, Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman.” Diakses 11 April 2022. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/تلوث/.

———. “Terjemahan dan Arti kata رسالة Dalam bahasa indonesia, Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman.” Diakses 11 Februari 2022. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/رسالة/.

———. “Terjemahan dan Arti kata ظلم Dalam bahasa indonesia, Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman.” Diakses 11 April 2022. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/ظلم/?c=Umum.

Adz-Dzahabi. Siyar A’lamin Nubala’. Disunting oleh Syu’aib Al-Arnauth. 3 ed. Ar-Risalah, 1985.

Afif, Ibrahim Rasyad, Abdul Kadir Muhd Najib, dan Hussin Haziyah. “Pengkonsepsian Makna Taghut Dari Perspektif Al-Quran.” Journal Al-Anwar 1, no. 3 (2017).

al-Baihaqy. Sunan al-Kubra. Vol. 6. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, 2003.

al-Juwayny. Ghiyath al-Umam fi Iltiyath al-Zulam. Beirut: Dar al-Kutub al-Islamiyyah, t.t.

Al-Mahli. Syarhul Waraqat fii usulil fiqh. Disunting oleh Husamuddin ’Affanah. 1 ed. Quds University Palestine, 1999.

As-Syaukani. Fathul Qadir. Dar Ibnu Katsir, 1414.

Azizah, Zumrotul, dan Ubaid Aisyulhana. “Implementasi Maqasid Shari‘ah dalam Perencanaan Keuangan Menuju Good Money Habit.” Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam 24, no. 2 (2021): 495–525.

Dawud, Abu. Sunan Abu Dawud. Vol. 5. Dar ar-Risalah, t.t.

Fauzi Lubis dkk. “91) Menanamkan Aqidah Dan Tauhid Kepada Anak Usia Dini.” Jurnal Al-Abyadh 2, no. 2 (2019): 83.

Ghamidy, ‘Abdur Rahman al-. “al-Manhaj al-Nabawy fi Da’wah ila al-Tauhid al-Khalis: Dirasah Tahliliyyah.” Majallah al-‘Ulum al-Islamiyyah al-Dauliyyah 1 (2021).

Hasyim, Muhammad Syarif. “Al-Asy’ariyyah (Studi tentang Pemikiran al-Baqillani, al-Juwaini, al-Ghazali).” Hunafa 2, no. 3 (2005): 209–24.

Hatta, AbdulMalik. “Dai Sebagai Ulama Pewaris Para Nabi.” Jurnal Komunika 9, no. 1 (2015): 19–34.

Ibnu Hajar Sainuddin, Muhammad Arsyam & Andi Muhammad Saleh Alwi. “Pemahaman Makna Tauhid dan Dua Kalimat Syahadat,” 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/g84vu.

Khatb, ‘Ammar al-. “Qawa’id fi al-Siyasah al-Shar’iyyah ‘ind al-Imam al-Jumayny min Khilal Kitabih Ghiyath al-Umam fi al-Tiyath al-Zulam.” Majallah Kulliyah al-‘Ulum al-Insaniyyah, t.t.

Malik, Hatta Abdul. “Dai Sebagai Ulama Pewaris Para Nabi.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 9, no. 1 (2017): 20–35. https://doi.org/10.24090/komunika.v9i1.828.

Mazin Al-Khairu & Muhammad Ar-Rasyidi. “Ta’yiin ta’alluqiz zarfi wal jari wal majruri wa atsaruhu fi tahdidi bu’rin nashshil qur’an.” Majallatu abhatsi kulliyyatit tarbiyati asasiyyah 15, no. 2 (2019).

Nursidin, Ghilman. “Konstruksi Pemikiran Maqashid Syari’ah Imam al-Haramain al-Juwaini (Kajian Sosio-Historis).” IAIN Walisongo Semarang, 2012.

Pransiska, Toni. “Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Ilmiah Didaktika 17, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.22373/jid.v17i1.1586.

Sari, A I P. “Tinjauan Terhadap Konsep Mashlahah Imam Al-Juwaini.” Dspace.Uii.Ac.Id, 2017, 1–14.

Syaibah, Ibnu Abi. “Al-Musonnaf Ibnu Abi Syaibah.” Dalam 6, disunting oleh Kamal Yusuf Al-Huth, 1 ed., 404. Lebanon: Dar At-Taj, 1989.

“Terjemahan dan Arti kata رسالة Dalam bahasa indonesia, Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman.” Diakses 11 Februari 2022. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/رسالة/.

Yahaya, Mohammad Zaini, dan Muhammad Adib Samsudin. “IMAM AL-HARAMAYN AL-JUWAYNI DAN KARYA AGUNGNYA ‘ NIH Ā YAT AL-MA Ṭ LAB F Ī DIR Ā YAT AL- MADHHAB ’ Imam al-Haramayn al-Juwayni and His Esteemed Literary Work Entitled ‘ Nihā yat al-Ma ṭ lab f ī Dir ā yat al- Madhhab .’” Journal of Ifta and Islamic Heritage 1, no. 1 (2022): 1–29.

Zulaiha, Eni. “Fenomena Nabi Dan Kenabian Dalam Perspektif Alquran.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 1, no. 2 (2017): 149–64. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i2.1599.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Khalil Al-Farahidy, Aris Fauzan, and Mohammad Syifa Amin Wigdodo. 2022. “Telaah Kritis Terhadap Pemikiran Al-Juwayni Tentang Wahdaniyyah Dan Risalah”. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 25 (1):71-82. https://doi.org/10.15642/alqanun.2022.25.1.71-82.