Inovasi Produk Perbankan Syariah di ‎Indonesia

Authors

  • Fahrur Ulum Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/alqanun.2014.17.1.33-59

Keywords:

produk, perbankan syariah, fatwa, inovasi

Abstract

Seiring dengan perkembangan perbankan syariah, maka kebutuhan pengembangan produk juga semakin bertambah. Hal ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pasar perbankan syariah yang terus meningkat. Secara garis besar, pengembangan produk perbankan syariah selain harus mengikuti kebutuhan pasar, juga harus didasarkan pada kepatuhan terhadap syariah, oleh karena itu harus ada dasar fatwa dari Dewan Syariah Nasional.

Dalam aplikasi perjalanan perbankan syariah hingga saat ini, terdapat beberapa fatwa yang terkendala aplikasinya dalam produk, ada beberapa fatwa penghimpunan dana dan penyaluran dana serta fatwa yang menyangkut treasury yang mendesak untuk segera diterbitkan. Maka inovasi produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar dan sekaligus taat syariah mutlak diperlukan untuk meningkatkan daya saing perbankan syariah baik secara domestik, regional maupun kompetisi global di era pasar bebas dengan antisipasi berbagai peluang dan tantangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-07-21

How to Cite

Ulum, Fahrur. 2016. “Inovasi Produk Perbankan Syariah Di ‎Indonesia”. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 17 (1):33-59. https://doi.org/10.15642/alqanun.2014.17.1.33-59.