Pemahaman Linguistik dalam Persidangan di Pengadilan Agama Kota Probolinggo

Authors

  • Bagas Suhardityo UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Chusniatul Mazida UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hafsah Aulia UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Masruroh . UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ikhsan Fattah Yasin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nofia Mutiasari Pengadilan Agama Kota Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.15642/mal.v1i1.6

Keywords:

-

Abstract

Abstract:

In this millennial era, the role of language (linguistics) is very much needed as a means of communication and interaction to create an understanding of the harmonious, meaningful correlation between a speaker and a listener. In its development, language constantly changes either structurally or massively. In solving a case, the role of language (linguistics) has a significant role so that people involved in a suit can understand the essence of the meaning of the language used by a court in Court. If not, it will reduce the alignment of the aims and objectives to be achieved by the disputing parties in Court. There are several obstacles to this linguistic communication at the Probolinggo City Religious Court, including the lack of understanding of a witness regarding the questions/statements in the trial. That is a risky situation within the Court because understanding language plays an essential role in making decisions.

Keywords: linguistics, interactions,comunication, cases, courts, judges, evidence

Abstrak: Pada era millenial ini, peranan kabahasaan (Linguistik) sangat diperlukan sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi untuk terciptanya suatu pemahaman korelasi maknawi yang selaras antara seorang pembicara dan pendengar. Dalam perkembangannya bahasa selalu mengalami perubahan baik secara struktural ataupun  secara masif. Dalam menyelesaikan suatu perkara peranan kebahasaan  (Linguistik) memiliki peranan utama, agar orang yang terlibat dalam suatu perkara bisa memahami esensi maksud dari bahasa yang digunakan seorang pengadil di dalam persidangan. Jika tidak, maka akan membuat berkurangnya keselarasan maksud dan tujuan yang hendak dicapai oleh pihak yang bersengketa di pengadilan. Dalam prakteknya terdapat beberapa kendala dalam hal komunikasi linguistik ini di Pengadilan Agama Kota Probolinggo, diantaranya kurang pahamnya seorang saksi terhadap  pertanyaan/pernyataan seorang hakim di dalam persidangan. Hal ini menjadi riskan di lingkungan Pengadilan, karena pemahaman bahasa berperan penting dalam membuat keputusan.

Kata Kunci: Linguistik, Interaksi, Komunikasi, Perkara, Pengadilan, Hakim, Kesaksian

Downloads

Published

2020-02-02

How to Cite

Suhardityo, B., Mazida, C., Aulia, H. ., ., M., Yasin, I. F., & Mutiasari, N. (2020). Pemahaman Linguistik dalam Persidangan di Pengadilan Agama Kota Probolinggo. Ma’mal: Jurnal Laboratorium Syariah Dan Hukum, 1(1), 53–70. https://doi.org/10.15642/mal.v1i1.6

Issue

Section

Articles