Implementasi Produk Tabungan Berjangka dengan Akad Mudharabah di BMT Sidogiri Waru Sidoarjo

Authors

  • Iin Indriani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Inggita Khusnul Qotimah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Imron Mustofa UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/mal.v2i3.92

Keywords:

tabungan berjangka, bmt sidogiri, pdf

Abstract

Abstract: This study aims to determine how the implementation of term savings uses Mudharabah in KSPS BMT UGT Sidogiri Waru. This research employed a qualitative method that using an empirical juridical approach. The data collection technique in this research uses primary and secondary data sources that acquired from observation and interview with respondents to get valid data and library research. The study results show that the implementation of term savings in KSPS BMT UGT Sidogiri Waru by the principles of sharia. The performance of mudharabah musytarakah between the member and institution has been According to the rules and Fatwa MUI. But the profit sharing between BMT Sidogiri Waru and the central of BMT Sidogiri turned out to be different. The percentage of profit sharing within one month for term savings in BMT Sidogiri Waru is the same as the profit sharing of the sharia general savings 30%: 70%, meanwhile the percentage of profit sharing of term savings at the same period from the center is 50%: 50%.

Keywords: Implementation, Term Savings, Mudharabah, BMT Sidogiri.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi produk tabungan berjangka yang menggunakan akad Mudharabah di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang pembantu Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan responden untuk mendapatkan data yang valid serta kajian pustaka dan literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi tabungan berjangka di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Waru sudah sesuai dengan prinsip syariah. Penerapan akad mudharabah musytarakah dalam tabungan berjangka dan pembagian nisbah bagi hasil antara anggota dan lembaga juga telah sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa MUI. Namun pembagian nisbah bagi hasil antara BMT Sidogiri Capem Waru dengan BMT Sidogiri pusat ternyata berbeda. Persentase nisbah bagi hasil pada jangka waktu 1 bulan untuk tabungan berjangka di BMT Sidogiri Waru ini sama dengan penetapan nisbah tabungan umum syariah yaitu 30% : 70%, sedangkan persentase nisbah bagi hasil dengan jangka waktu 1 bulan untuk tabungan berjangka dari pusat menetapkan 50% : 50%.

Kata kunci: Implementasi, Tabungan Berjangka, Mudharabah, BMT Sidogiri.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Indriani, I., Qotimah, I. K., & Mustofa, I. (2022). Implementasi Produk Tabungan Berjangka dengan Akad Mudharabah di BMT Sidogiri Waru Sidoarjo. Ma’mal: Jurnal Laboratorium Syariah Dan Hukum, 2(3), 229–246. https://doi.org/10.15642/mal.v2i3.92

Issue

Section

Articles