Perhitungan Arah Kiblat dengan Rumus Analogi Napier

Authors

  • Agus Solikin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/azimuth.2020.1.2.161-171

Abstract

Abstrak:        Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk menggambarkan proses pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) dalam perkuliahan matematika di prodi ilmu falak UINSA pada pokok kajian perhitungan arah kiblat dengan menggunakan rumus analogi Napier. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap LKM yang telah disusun. Berkenaan dengan hal itu, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbasis eksperimen dengan data berasal dari literatur terkait dengan fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa langkah-langkah pengembangan LKM dalam perkuliahan matematika di prodi ilmu falak UINSA pada pokok kajian perhitungan arah kiblat dengan menggunakan rumus analogi Napier ini dapat dilakukan dengan melakukan kajian terlebih dahulu tentang langkah-langkah perhitungan arah kiblat dengan analogi Napier dan selanjutnya dirumuskan dalam sebuah lembar kerja perhitungan. Sedanngkan respon mahasiswa terhadap LKM yang telah disusun yaitu 92,1% mahasiswa menyatakan LKM tersebut membuat perhitungan arah kiblat dengan Analogi Napier lebih mudah untuk dipahami.

Kata Kunci:  Arah kiblat, analogi Napier, mahasiswa, matematika.

 

Abstract:       This research has two objectives, namely to describe the process of developing student worksheets (MFIs) in mathematics lectures in the UINSA Falak study program on the subject of the study of calculating the direction of Qibla using the Napier analogy formula. The second purpose is to find out the response of students to the MFIs that have been prepared. In this regard, this research is an experiment-based qualitative research with data derived from literature related to the focus of this study. Based on the research that has been done, it can be obtained that, the steps for MFI development in mathematics lectures in the UINSA Falak study program on the subject of the study of Qibla direction calculation using the Napier analogy formula can be done by conducting a study first about the steps for calculating the Qibla direction with the Napier Analogy and then formulated in a calculation worksheet. As a result of the student response to the MFI that has been compiled, 92.1% of students stated that the MFI makes the calculation of the direction of Qibla with the Napier Analogy easier to understand.

Keywords:              Qibla direction, Napier analogy, student, mathematics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkalali, Asad M, 1987, Kamus Indonesia Arab, Jakarta=Bulan Bintang.

Anugraha, Rinto, 2012, Mekanika Benda Langit, Yogyakarta= Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada

Azhari, Susiknan, 2007, Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern, Yogyakarta=Suara Muhammadiyah.

Moleong, Lexy J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Solikin, Agus. 2013. Perhitungan arah kiblat menurut Susiknan azhari (Tinjauan Matematika dan Astronomi dalam Buku Ilmu Falak Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern). Semarang. IAIN Walisongo.

. 2014. Aplikasi Analogi Napier Pada Segitiga Bola Dalm Penentuan Arah Salat Umat Islam. Salatiga.Prosiding Seminar Nasional sains dan pendidikan Sains IX Fakultas Sains dan Matematika UKSW.

. 2017. Ikhtiar Mata Kuliah Matematika Di Prodi Falak Uin Sunan Ampel Surabaya Dalam Membangun Kesadaran Peran Serta Matematika Dalam Penentuan Arah Kiblat Umat Islam. Yogyakarta . LSM 2017

Suryana, 2010, Metodologi Penelitian, Bogor: Universitas Pendidikan Indonesia

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Solikin, A. (2020). Perhitungan Arah Kiblat dengan Rumus Analogi Napier. Azimuth: Journal of Islamic Astronomy, 1(2), 161–169. https://doi.org/10.15642/azimuth.2020.1.2.161-171

Issue

Section

Articles