Perhitungan Arah Kiblat dengan Rumus Analogi Napier
DOI:
https://doi.org/10.15642/azimuth.2020.1.2.161-171Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk menggambarkan proses pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) dalam perkuliahan matematika di prodi ilmu falak UINSA pada pokok kajian perhitungan arah kiblat dengan menggunakan rumus analogi Napier. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap LKM yang telah disusun. Berkenaan dengan hal itu, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbasis eksperimen dengan data berasal dari literatur terkait dengan fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa langkah-langkah pengembangan LKM dalam perkuliahan matematika di prodi ilmu falak UINSA pada pokok kajian perhitungan arah kiblat dengan menggunakan rumus analogi Napier ini dapat dilakukan dengan melakukan kajian terlebih dahulu tentang langkah-langkah perhitungan arah kiblat dengan analogi Napier dan selanjutnya dirumuskan dalam sebuah lembar kerja perhitungan. Sedanngkan respon mahasiswa terhadap LKM yang telah disusun yaitu 92,1% mahasiswa menyatakan LKM tersebut membuat perhitungan arah kiblat dengan Analogi Napier lebih mudah untuk dipahami.
Kata Kunci: Arah kiblat, analogi Napier, mahasiswa, matematika.
Abstract: This research has two objectives, namely to describe the process of developing student worksheets (MFIs) in mathematics lectures in the UINSA Falak study program on the subject of the study of calculating the direction of Qibla using the Napier analogy formula. The second purpose is to find out the response of students to the MFIs that have been prepared. In this regard, this research is an experiment-based qualitative research with data derived from literature related to the focus of this study. Based on the research that has been done, it can be obtained that, the steps for MFI development in mathematics lectures in the UINSA Falak study program on the subject of the study of Qibla direction calculation using the Napier analogy formula can be done by conducting a study first about the steps for calculating the Qibla direction with the Napier Analogy and then formulated in a calculation worksheet. As a result of the student response to the MFI that has been compiled, 92.1% of students stated that the MFI makes the calculation of the direction of Qibla with the Napier Analogy easier to understand.
Keywords: Qibla direction, Napier analogy, student, mathematics.
Downloads
References
Alkalali, Asad M, 1987, Kamus Indonesia Arab, Jakarta=Bulan Bintang.
Anugraha, Rinto, 2012, Mekanika Benda Langit, Yogyakarta= Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada
Azhari, Susiknan, 2007, Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern, Yogyakarta=Suara Muhammadiyah.
Moleong, Lexy J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Solikin, Agus. 2013. Perhitungan arah kiblat menurut Susiknan azhari (Tinjauan Matematika dan Astronomi dalam Buku Ilmu Falak Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern). Semarang. IAIN Walisongo.
. 2014. Aplikasi Analogi Napier Pada Segitiga Bola Dalm Penentuan Arah Salat Umat Islam. Salatiga.Prosiding Seminar Nasional sains dan pendidikan Sains IX Fakultas Sains dan Matematika UKSW.
. 2017. Ikhtiar Mata Kuliah Matematika Di Prodi Falak Uin Sunan Ampel Surabaya Dalam Membangun Kesadaran Peran Serta Matematika Dalam Penentuan Arah Kiblat Umat Islam. Yogyakarta . LSM 2017
Suryana, 2010, Metodologi Penelitian, Bogor: Universitas Pendidikan Indonesia
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Solikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensing
© The Author(s). Published by Program Studi Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia.
This is an Open Access article distributed under the terms of Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).