Kontekstualisasi Teologi Keadilan dalam Hukum Qisas dan Poligami
DOI:
https://doi.org/10.15642/aj.2018.4.1.47-68Keywords:
Teologi, keadilan, qisas, poligamiAbstract
Abstact
Justice principle in the Quran and Hadis contains some meanings, among them: equality (al-MusÄwÄh), truthfulness (al-á¹¢idq), and purity (al-Ikhlâṣ). Islam elevates justice values, it even became the character of Rasulullah and the muslims. However, these values of justice had been criticized at some applications of criminal judge, such as qisas, and polygamy in marriage which were considered not showing justice. The main point of this study was theological justice contextualization in the law of qisas and polygamy. The conclusion is that justice values in the implementation of qisas punishment and polygamy practice in marriage have beneficences for the goodness of human being. Prinsip keadilan dalam al-Qur’an dan Hadis meliputi makna antara lain: kesetaraan (al-Musâwâh), kejujuran (al-á¹¢idq), dan kemurnian (al-Ikhlâṣ). Islam adalah ajaran yang menjunjung tinggi nilai keadilan, bahkan sisi keadilan merupakan karakter Rasulullah saw. dan umat Islam. Namun nilai keadilan tersebut dikritisi pada beberapa penerapan hukum pidana Islam, seperti hukuman qiá¹£Äá¹£, dan pada praktek poligami dalam perkawinan, yang dianggap tidak mencerminkan nilai keadilan. Pokok permasalahan penelitian ini adalah kontekstualisasi teologi keadilan dalam hukum qiṣâṣ dan poligami, dengan menggunakan pendekatan teologi normative. Kesimpulannya bahwa nilai-nilai keadilan terdapat pada penerapan hukuman qiṣâṣ dan praktik poligami dalam perkawinan, dan mengandung hikmah bagi kemaslahatan umat manusia.
Downloads
References
Ä€bÄdi, Muḥammad bin Ya’qÅ«b al-FairÅ«z. Al-QÄmÅ«s al-Muḥīá¹, Jilid III., Cet. I; Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1995.
Al-‘AsqalÄnÄ«, Aḥmad bin Ḥajar bin ‘AlÄ«. Fatḥu al-BÄrÄ« bi Syarḥi á¹¢aḥīḥ al-BukhÄrÄ«, Juz IX., Cet. I; BeirÅ«t: DÄr al-RayyÄn, 1407 H./1986 M.
Al-‘UtaibÄ«, IḥsÄn bin Muḥammad bin ‘Āyisy. AḥkÄm al-Ta’addud fÄ« Ḍaui al-KitÄb wa al-Sunnah, t. Cet; t.tp: t.p., 1418 H.
Al-AlbÄnÄ«, Muḥammad Naá¹£iruddÄ«n. IrwÄ’ al-GhalÄ«l fÄ« TakhrÄ«ji AḥÄdīṡ ManÄri al-SabÄ«l, Juz VIII., Cet. I; RiyÄá¸: al-Maktabah al-IslÄmÄ«, 1399 H./1979 M.
_______. á¹¢aḥīḥ al-TarghÄ«b wa al-TarhÄ«b, Cet. I; RiyÄá¸: Maktabah al-Ma’Ärif, 1421 H./2000 M.
Al-Attas, Syed Naquib. Tinjauan Peri Ilmu dan Pandangan Alam, Cet. I; Pulau Pinang: Universiti Sains Malaysia, 2007.
Al-BukhÄrÄ«, AbÅ« ‘AbdillÄh Muḥammad bin IsmÄ’īl. á¹¢aḥīḥ al-BukhÄrÄ«, Juz. II., Cet. III; BeirÅ«t: DÄr Ibni Kaṣīr, 1407 H./1987 M.
_______. Al-JÄmi’ al-á¹¢aḥīḥ Ma’a al-Fatḥ, KitÄb al-á¹¢iyÄm, Bab Man Aqsama ‘AlÄ AkhÄ«hi Liyufá¹ira fi al-Taá¹awwu’, Jilid IV., Cet. II; Kairo: DÄr al-RayyÄn, 1409 H.
Al-DimasyqÄ«, AbÅ« al-FidÄ’ IsmÄ’īl bin ‘Umar bin Kaṡīr al-QurasyÄ« al-Baá¹£rÄ«. TafsÄ«r al-Qur’Än al-‘Ażīm, Juz IV., Cet. I; BeirÅ«t: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419 H.
Al-DimyÄá¹Ä«, AbÅ« Bakar Syaá¹Ä. I’Änah al-ṬÄlibÄ«n, Juz III., Cet. I; BeirÅ«t: DÄr al-Fikr, 1422 H./2002 M.
Al-ḤanafÄ«, ‘Ali bin Muḥammad al-SyarÄ«f al-JurjÄnÄ« al-ḤusainÄ«. KitÄb al-Ta’rÄ«fÄt, Cet. II; BeirÅ«t: DÄr al-NafÄis, 1428 H./2007 M.
Al-Ḥiá¹£nÄ«, TaqiyyuddÄ«n. KifÄyah al-AkhyÄr fÄ« Ḥilli GhÄyah al-Ikhtiá¹£Är, Cet. I; Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1426 H./2005 M.
Ali, Zainuddin. Hukum Pidana Islam, Cet. I; Jakarta: Sinar Grafika, 2007.
Al-JazÄirÄ«, ‘AbdurraḥmÄn. KitÄb al-Fiqh ‘alÄ al-MażÄhib al-‘Arba’ah, Cet. I; Kairo: al-Maktabah al-TijÄriyyah, 1969.
Al-JurjÄnÄ«, ‘Ali bin Muḥammad. KitÄb al-Ta’rÄ«fÄt, Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1416 H.
Al-MaqdisÄ«, ‘AbdullÄh bin Aḥmad bin Muḥammad bin QudÄmah al-JamÄ’īlÄ«. Al-MughnÄ« Li Ibni QudÄmah, Juz XI., t. Cet; Kairo: Maktabah al-QÄhirah, 1388 H./1968 M.
Al-MarÄghÄ«, Aḥmad Musá¹afÄ. TafsÄ«r al-MarÄghÄ«, Cet. I; Semarang: Toha Putra, 1993.
Al-Miá¹£rÄ«, AbÅ« al-Faá¸l JamÄluddÄ«n Muḥammad bin Makram bin Manẓūr al-IfrÄ«qÄ«. LisÄn al-‘Arab, Jilid XI., Cet. I; Beirut: DÄr al-á¹¢Ädir, 1412 H./1992 M.
Al-NajdÄ«, ‘AbdurraḥmÄn bin Muḥammad bin QÄsim al-ĀṣimÄ«. ḤÄsyiah al-RauḠal-Murbi’ Syarḥu ZÄd al-Mustaqni’, Juz VII., Cet. I; BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 1397.
Al-NawawÄ«, AbÅ« Zakariya YaḥyÄ bin Syaraf. Al-MinhÄj fÄ« Syarhi á¹¢aḥīḥ Muslim ibni ḤajÄj, Juz XI., Cet. I; BeirÅ«t: Muassasah Qurá¹ubah, 1414 H.
Al-Qurá¹ubÄ«, Muḥammad bin Aḥmad bin AbÄ« Bakr bin Farḥ al-Aná¹£ÄrÄ« al-KhazrajÄ«. Al-JÄmi’ Li AḥkÄm al-Qur’Än, Juz V., Cet. II; Kairo: DÄr al-Kutub al-Miá¹£riyyah, 1384 H.
Al-Sa’dÄ«, ’AbdurraḥmÄn bin NÄá¹£ir. TaisÄ«r al-KarÄ«m al-RaḥmÄn fÄ« Tafs TafsÄ«r KalÄm al-MannÄn, Cet. I; RiyÄá¸: Maktabah al-Ma’Ärif, 1420 H./1999 M.
Al-á¹¢ÄbÅ«nÄ«, Muḥammad ‘AlÄ«. RawÄi’ al-BayÄn TafsÄ«ru Ä€yÄti al-AḥkÄm min al-Qur’Än, Juz I., Cet. III; BeirÅ«t: Muassasah ManÄhil al-‘IrfÄn, 1400 H./1980 M.
Al-SuyÅ«á¹Ä«, JalÄluddÄ«n ‘AbdurraḥmÄn bin AbÄ« Bakr. Al-AsybÄh wa al-NazÄir, t. Cet; Mesir: Maktabah Nur ‘Asiyah, t.th.
Al-SyÄfi’ī, Muḥammad bin IdrÄ«s. Al-Umm, Juz V., t. Cet; BeirÅ«t: DÄr al-Ma’rifah, 1410 H./1990 M.
Al-SyaukÄnÄ«, Muḥammad bin ‘AlÄ« bin Muḥammad bin ‘AbdillÄh. Fatḥu al-QadÄ«r, Juz I., Cet. I; BeirÅ«t: DÄr Ibni Kaṡīr, 1414.
Al-ṬabarÄ«, Muḥammad ibn JarÄ«r. JÄmi’ al-BayÄn fÄ« Ta’wÄ«l Ä€yi al-Qur’Än, Jilid X., Cet. I; BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 1420 H.
Al-Zaila’ī, JamÄluddÄ«n ‘AbdullÄh bin YÅ«suf. Naá¹£bu al-RÄyah fÄ« TakhrÄ«j AḥÄdīṡ al-HidÄyah, Juz VI., Cet. I; Jeddah: Muassah al-RayyÄn, 1415 H./1995 M.
Hamka. Tafsir al-Azhar, Cet. I; Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.
Husaini, Adian. Pancasila Bukan Untuk Menindas Hak Konstitusional Umat Islam, Cet. I; Jakarta: Gema Insani, 2009.
Husen, Ibrahim. Jenis-jenis Hukuman dalam Hukum Pidana Islam dan Perbedaan Ijtihad Ulama dalam Penerapannya, dalam Mimbar Hukum, Nomor 20, Tahun VI. t. Cet; Jakarta: al-Hikmah, 1995.
Ibnu Taimiyah, Aḥmad bin TaqiyuddÄ«n. Al-SiyÄsah al-Syar’iyyah fÄ« Iá¹£lÄḥi al-RÄ’ī wa al-Ra’iyyah, Beirut : Dar al-Afaq al-Jadidah, 1988.
_______. Al-IstiqÄmah, Jilid I., Cet. I; RiyÄá¸: JÄmi’ah al-ImÄm Muḥammad ibn Sa’ūd, 1403 H.
Ibnu Kaṡīr, Isma’īl ibn ‘Umar. TafsÄ«r al-Qur’Än al-Aẓīm, Ed. SÄmi Muḥammad SalÄmah, Jilid II., Cet. II; DÄr Ṭaybah, 1420 H.
Kementrian Urusan Agama Islam, Wakaf, Da’wah dan IrsyÄd Kerajaan Saudi Arabia. Al-Qur’Än dan Terjemahnya, t. Cet; Madinah: Percetakan al-Qur’Än al-Karim Raja Fahd, 1426 H.
Mas’ud, Ibnu. Dan Zainal Abidin S. Fikih Mazhab Syafi’i (Edisi Lengkap), Jilid II. Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.
Riá¸wÄn, Fatḥ. Min Falsafah al-Tasyrī’ al-IslÄmÄ«, Cet. II; BeirÅ«t: DÄr al-Kutub al-LubnÄn, 1975.
Rosyada, Dede. Hukum Islam dan Pranata Sosial, Cet. I; Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan, 1992.
Shihab, M. Qurais. Wawasan al-Qur’an, Cet. II; Bandung: Mizan, 2007.
YÅ«suf, AbÅ«. Al-Radd ‘alÄ Syi’Är al-Ahza’ī, t. Cet; Mesir: Lajnah IḥyÄ’ al-Ma’Ärif al-Nu’mÄniyyah.
Zuhaili, Wahbah. Ensiklopedia al-Qur’an, Cet. I; Jakarta: Gema Insani, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.